SISI DARAT dan SISI UDARA LAPANGAN TERBANG

Bandar udara atau yang disingkat dengan bandara adalah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat, bongkar muat barang, naik turun penumpang dan tempat perpindahan moda transportasi.
Bandara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landasan pacu, sementara bandara besar biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas lain, baik untuk operarator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya. Kawasan bandara sendiri dapat dibedakan menjadi air side dan land side. Apa itu air side dan land side? berikut ini penjelasannya.

Air Side (Sisi Udara)

Air side adalah bagian dari bandaran yang berhubungan dengan kegiatan take off (lepas landas) maupun landing (pendaratan). Bagian air side terdiri dari runway, taxiway dan apron.

  • Runway atau landas pacu yang mutlak diperlukan pesawat. Panjangnya landas pacu biasanya tergantung dari besarnya pesawat yang dilayani. Untuk bandar udara perintis yang melayani pesawat kecil, landasan cukup dari rumput ataupun tanah diperkeras (stabilisasi). Panjang landasan perintis umumnya 1.200 meter dengan lebar 20 meter, misal melayani Twin Otter, Cessna, dll. pesawat kecil berbaling-baling dua (umumnya cukup 600-800 meter saja). Sedangkan untuk bandar udara yang agak ramai dipakai konstruksi aspal, dengan panjang 1.800 meter dan lebar 30 meter. Pesawat yang dilayani adalah jenis turbo-prop atau jet kecil seperti Fokker-27, Tetuko 234, Fokker-28, dlsb. Pada bandar udara yang ramai, umumnya dengan konstruksi beton dengan panjang 3.600 meter dan lebar 45-60 meter. Pesawat yang dilayani adalah jet sedang seperti Fokker-100, DC-10, B-747, Hercules, dlsb. Bandar udara international terdapat lebih dari satu landasan untuk antisipasi ramainya lalu lintas.
  • Apron atau tempat parkir pesawat yang dekat dengan terminal building, sedangkan taxiway menghubungkan apron dan runway. Konstruksi apron umumnya beton bertulang, karena memikul beban besar yang statis dari pesawat.
  • Untuk keamanan dan pengaturan, terdapat Air Traffic Controller, berupa menara khusus pemantau yang dilengkapi radio control dan radar.
  • Karena dalam bandar udara sering terjadi kecelakaan, maka disediakan unit penanggulangan kecelakaan (air rescue service) berupa peleton penolong dan pemadam kebakaran, mobil pemadam kebakaran, tabung pemadam kebakaran, ambulans, dan peralatan penolong lainnya.
  • Juga ada fuel service untuk mengisi bahan bakar avtur.

Sisi Darat (Land Side)

  • Terminal bandar udara atau concourse adalah pusat urusan penumpang yang datang atau pergi. Di dalamnya terdapat pemindai bagasi sinar X, counter check-in, (CIQ, Custom - Inmigration - Quarantine) untuk bandar udara internasional, dan ruang tunggu (boarding lounge) serta berbagai fasilitas untuk kenyamanan penumpang. Di bandar udara besar, penumpang masuk ke pesawat melalui garbarata atau avio bridge. Di bandar udara kecil, penumpang naik ke pesawat melalui tangga (pax step) yang bisa dipindah-pindah.
  • Curb, adalah tempat penumpang naik-turun dari kendaraan darat ke dalam bangunan terminal
  • Parkir kendaraan, untuk parkir para penumpang dan pengantar/penjemput, termasuk taksi. 


SUMBER : https://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_udara


Runway atau landasan pacu adalah area yang digunakan pesawat terbang untuk melakukan lepas landas. Panjangnya landasan pacu tergantung pada besarnya pesawat yang dilayani. Runway sendiri memiliki karakteristik sebagai berikut : Struktur perkerasan untuk menahan beban peswat terbang. Bagian samping kanan dan kiri berfungsi unutk menahan erosi. Strip runway: perkerasan, bahaya dan daerah luarnya diratakan dan diatur drainasenya untuk menahan agar pesawat tak tergelincir. Blast pad: adalah wilayah yang sudah di aspal atau bisa juga wilayah rerumputan yang berfungsi untuk mehanan erosi di sekitar ujung runway karena pesawat yang mengalami jet-blast. Runway end safety area, adalah wilayah kosong yang diperuntukkan untuk pesawat yang melakukan pendaratan over-shooting. Stopway: adalah wilayah kosong yang berada di ujung runway untuk menahan pesawat yang berhenti. Clearway: adalah wilayah di ujung bandara yang digunakan saat keadaan darurat. 2. Taxiway

Artikel ini telah tayang di Indozone.id dengan judul "Yuk Kenali Bagian-bagian Bandara Beserta Fungsinya", https://www.indozone.id/news/Aqs79k/yuk-kenali-bagian-bagian-bandara-beserta-fungsinya.

Runway atau landasan pacu adalah area yang digunakan pesawat terbang untuk melakukan lepas landas. Panjangnya landasan pacu tergantung pada besarnya pesawat yang dilayani. Runway sendiri memiliki karakteristik sebagai berikut : Struktur perkerasan untuk menahan beban peswat terbang. Bagian samping kanan dan kiri berfungsi unutk menahan erosi. Strip runway: perkerasan, bahaya dan daerah luarnya diratakan dan diatur drainasenya untuk menahan agar pesawat tak tergelincir. Blast pad: adalah wilayah yang sudah di aspal atau bisa juga wilayah rerumputan yang berfungsi untuk mehanan erosi di sekitar ujung runway karena pesawat yang mengalami jet-blast. Runway end safety area, adalah wilayah kosong yang diperuntukkan untuk pesawat yang melakukan pendaratan over-shooting. Stopway: adalah wilayah kosong yang berada di ujung runway untuk menahan pesawat yang berhenti. Clearway: adalah wilayah di ujung bandara yang digunakan saat keadaan darurat.

Artikel ini telah tayang di Indozone.id dengan judul "Yuk Kenali Bagian-bagian Bandara Beserta Fungsinya", https://www.indozone.id/news/Aqs79k/yuk-kenali-bagian-bagian-bandara-beserta-fungsinya.

Runway atau landasan pacu adalah area yang digunakan pesawat terbang untuk melakukan lepas landas. Panjangnya landasan pacu tergantung pada besarnya pesawat yang dilayani. Runway sendiri memiliki karakteristik sebagai berikut : Struktur perkerasan untuk menahan beban peswat terbang. Bagian samping kanan dan kiri berfungsi unutk menahan erosi. Strip runway: perkerasan, bahaya dan daerah luarnya diratakan dan diatur drainasenya untuk menahan agar pesawat tak tergelincir. Blast pad: adalah wilayah yang sudah di aspal atau bisa juga wilayah rerumputan yang berfungsi untuk mehanan erosi di sekitar ujung runway karena pesawat yang mengalami jet-blast. Runway end safety area, adalah wilayah kosong yang diperuntukkan untuk pesawat yang melakukan pendaratan over-shooting. Stopway: adalah wilayah kosong yang berada di ujung runway untuk menahan pesawat yang berhenti. Clearway: adalah wilayah di ujung bandara yang digunakan saat keadaan darurat. 2. Taxiway

Artikel ini telah tayang di Indozone.id dengan judul "Yuk Kenali Bagian-bagian Bandara Beserta Fungsinya", https://www.indozone.id/news/Aqs79k/yuk-kenali-bagian-bagian-bandara-beserta-fungsinya.
Runway atau landasan pacu adalah area yang digunakan pesawat terbang untuk melakukan lepas landas. Panjangnya landasan pacu tergantung pada besarnya pesawat yang dilayani. Runway sendiri memiliki karakteristik sebagai berikut : Struktur perkerasan untuk menahan beban peswat terbang. Bagian samping kanan dan kiri berfungsi unutk menahan erosi. Strip runway: perkerasan, bahaya dan daerah luarnya diratakan dan diatur drainasenya untuk menahan agar pesawat tak tergelincir. Blast pad: adalah wilayah yang sudah di aspal atau bisa juga wilayah rerumputan yang berfungsi untuk mehanan erosi di sekitar ujung runway karena pesawat yang mengalami jet-blast. Runway end safety area, adalah wilayah kosong yang diperuntukkan untuk pesawat yang melakukan pendaratan over-shooting. Stopway: adalah wilayah kosong yang berada di ujung runway untuk menahan pesawat yang berhenti. Clearway: adalah wilayah di ujung bandara yang digunakan saat keadaan darurat.

Artikel ini telah tayang di Indozone.id dengan judul "Yuk Kenali Bagian-bagian Bandara Beserta Fungsinya", https://www.indozone.id/news/Aqs79k/yuk-kenali-bagian-bagian-bandara-beserta-fungsinya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAJA PROFIL

SPESIFIKASI TEKNIS PEKERJAAN ATAP BAJA RINGAN DAN ATAP BAJA PROFIL

STRUKTUR ATAP