SPESIFIKASI TEKNIS PEKERJAAN ATAP BAJA RINGAN DAN ATAP BAJA PROFIL

Pekerjaan rangka atap baja ringan adalah pekerjaan pembuatan dan pemasangan struktur atap berupa rangka batang yang telah dilapisi dengan lapisan anti karat. Rangka batang berbentuk segitiga, trapesium dan persegi panjang yang bagian-bagiannya terdiri dari:
  1. Rangka utama bagian atas (top chord).
  2. Rangka utama bagian bawah (bottom chord).
  3. Rangka pengisi (web). Seluruh rangka tersebut disambung menggunakan baut menakik sendiri (self drilling screw) dengan jumlah yang telah ditetapkan.
  4. Rangka reng (batten) langsung dipasang diatas struktur rangka atap utama dengan jarak sesuai dengan ukuran jarak genteng.
Pekerjaan rangka atap baja ringan diantaranya meliputi:
  1. Pengukuran bentang bangunan sebelum dilakukan fabrikasi atau pemasangan rangka atap.
  2. Pekerjaan pembuatan kuda-kuda dikerjakan di Workshop permanen (Fabrikasi).
  3. Pengiriman kuda-kuda dan bahan lain yang terkait ke lokasi proyek.
  4. Penyediaan tenaga kerja beserta alat atau bahan lainnya yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan.
  5. Pekerjaan pemasangan seluruh rangka atap kuda-kuda meliputi struktur rangka kuda-kuda (truss), balok tembok (top plate/murplat), sekur overhang, reng, ikatan angin dan bracing (ikatan pengaku).
  6. Pemasangan jurai dalam (valley gutter) 

    Pekerjaan rangka atap baja ringan diantaranya tidak meliputi:
1. Pemasangan penutup atap.
2. Pemasangan kap finishing atap.
3. Talang selain jurai dalam.
4. Aksesoris atap.


profil smart truss cannel

Persyaratan Material Rangka Atap

Dibawah ini merupakan persyaratan material struktur rangka atap. Properti mekanikal baja (Steel mechanical properties).
  • Baja Mutu Tinggi G 550.
  • Tegangan Maksimum 550 Mpa.
  • Kekuatan Leleh Minimum 550 Mpa.
  • Modulus geser 80.000 Mpa.
  • Modulus Elastisitas 200.000 Mpa.


profil smart truss reng

Lapisan Anti Karat

Material baja harus dilapisi perlindungan terhadap serangan korosi/karat, dibawah ini ada dua jenis lapisan anti karat (coating):
Galvanised (Z220)

  • Pelapisan Galvanised.
  • Jenis Hot-dip zinc.
  • Kelas Z22.
  • ketebalan pelapisan 220 gr/m2.
  • komposisi 95% zinc, 5% bahan campuran.
Galvalume (AZ100)
  • Pelapisan Zinc-Aluminium.
  • Jenis Hot-dip-allumunium-zinc  .
  • Kelas AZ100.
  • ketebalan pelapisan 100 gr/m2.
  • komposisi 55% alumunium, 43,5% zinc dan 1,5% silicon.

Multigrip (MG)



multigrip smart truss
Konektor antara kuda-kuda baja ringan dengan murplat (top plate) mempunyai fungsi untuk menahan gaya lateral tiga arah, standart teknisnya adalah sebagai berikut:
  • Galvabond Z275
  • Yield Strength 250 MPa
  • Design Tensile Strength 150 MPa

Brace System (bracing)

  • Bottom Chord Bracing, merupakan pengaku/ikatan pada batang tarik bawah (bottom chord) pada kuda-kuda baja ringan.
  • Lateral Tie Bracing, merupakan pengaku/bracing antara web pada kuda-kuda baja ringan, sekaligus berfungsi untuk mengurangi tekuk lokal (buckling) pada batang tekan (web), standar teknis mengacu pada desain struktur kuda-kuda tersebut.
  • Diagona Web Bracing (Ikatan Angin), merupakan pengaku/bracing diagonal antara web pada kuda-kuda baja ringan dengan bentuk yang sama dan mempunyai letak berdampingan.
  • Strap Brace (Pita Baja), yaitu pengaku/ikatan pada top chord dan bottom chord kuda-kuda baja ringan, untuk kebutuhan strap brace disesuaikan berdasarkan perhitungan desain struktur.
    Strap Brace (Pita Baja)
  • Talang Jurai Dalam (Valley Gutter), merupakan pertemuan dua bidang atap yang membentuk sudut tertentu, pada pertemuan sisi dalam harus manggunakan talang dalam (Valley Gutter) untuk mengalirkan air hujan. Ketebalan material jurai dalam minimal 0,45 mm dengan detail profil seperti gambar dibawah ini.


Talang Aluminium

Alat Sambung (Screw)



Baut
Baut menakik sendiri (self drilling screw) digunakan sebagai alat sambung antar elemen rangka atap yang digunakan untuk fabrikasi dan instalasi, untuk spesifikasi screw bisa dilihat dibawah ini:
  • Panjang (termasuk kepala baut) 16mm.
  • Kelas Ketahanan Korosi Minimum Kelas 2.
  • Kepadatan Alur 16 alur/inci.
  • Diameter Bahan dengan alur 4,80 mm.
  • Diameter Bahan tanpa alur 3,80 mm.
Kekuatan Mekanikal
  • Gaya geser satu baut 5,10 KN
  • Gaya aksial 8,60 KN
  • Gaya Torsi 6,90 KN

Persyaratan Pra-Konstruksi

  1. Produk yang dipaparkan harus sesuai dengan surat dukungan dan brosur yang telah dilampirkan pada dokumen tender.
  2. Kontraktor wajib memberikan pemaparan produk sebelum pelaksanaan pemasangan rangka atap baja ringan, sesuai dengan pedoman RKS (Rencana Kerja dan Syarat).
  3. Kontraktor wajib menyerahkan gambar kerja yang lengkap berserta detail dan bertanggung jawab terhadap semua ukuran-ukuran yang tercantum dalam gambar kerja. Dalam hal ini meliputi dimensi profil, panjang profil dan jumlah alat sambung pada setiap titik buhul.
  4. Eleman utama rangka kuda-kuda (truss) dilakukan fabrikasi diworkshop permanen dengan menggunakan alat bantu mesin JIG yang menjamin keakurasian hasil perakitan (fabrikasi).
  5. Perubahan bahan/detail karena alasan apapun harus diajukan ke Konsultan Pengawas, Konsultan Perencana dan Pihak Direksi untuk mendapatkan persetujuan secara tertulis.
  6. Kontraktor wajib menyediakan surat keterangan keahlian tenaga dari Fabrikan penyedia jasa Rangka Atap Baja ringan.
  7. Kontraktor wajib menyertakan hasil uji lab bahan baja ringan dari badan akreditasi nasional (instansi yang berwenang sesuai dengan kompetensinya).

Persyaratan Pelaksanaan

  1. Pembuatan dan pemasangan kuda-kuda dan bahan lain terkait, harus dilaksanakan sesuai gambar dan desain yang telah dihitung dengan aplikasi khusus perhitungan baja ringan sesuai dengan standar perhitungan yang mengacu pada standar peraturan yang berkompeten.
  2. Semua detail dan konektor harus dipasang sesuai dengan gambar kerja.
  3. Perakitan kuda-kuda harus dilakukan di workshop permanen dengan menggunakan mesin rakit (Jig) dan pemasangan sekrup dilakukan dengan mesin screw driver yang dilengkapi dengan kontrol torsi.
  4. Pihak kontraktor harus menyiapkan semua struktur balok penopang dengan kondisi rata air (waterpas level) untuk dudukan kuda-kuda sesuai dengan desain sistem rangka atap.
  5. Pihak kontraktor harus menjamin kekuatan dan ketahanan semua struktur yang dipakai untuk tumpuan kuda-kuda. Berkenaan dengan hal itu, pihak konsultan ataupun tenaga ahli berhak meminta informasi mengenai reaksi-reaksi perletakan kuda-kuda.
  6. Pihak kontraktor bersedia menyediakan minimal 8 (delapan) buah genteng yang akan dipakai sebagai penutup atap, agar pihak penyedia konstruksi baja ringan dapat memasang reng dengan jarak yang setepat mungkin, dan penyediaan genteng tersebut sudah harus ada pada saat kuda-kuda tiba dilokasi proyek.
  7. Jaminan Struktural,
  • Jaminan yang dimaksud di sini adalah jika terjadi deformasi yang melebihi ketentuan maupun keruntuhan dan kegagalan yang terjadi pada struktur rangka atap Baja Ringan, meliputi kuda-kuda, pengaku-pengaku dan reng.
  • Kekuatan struktur Baja Ringan dijamin dengan kondisi sesuai dengan Peraturan Pembebanan Indonesia dan mengacu pada persyaratan-persyaratan seperti yang tercantum pada “Cold formed code for structural steel” (Australian Standard/New Zealand Standard 4600:1996) dengan desain kekuatan strukural berdasarkan “Dead and live loads Combination (Australian Standard 1170.1 Part 1)” & “Wind load” (Australian Standard 1170.2 Part 2) dan menggunakan sekrup berdasarkan ketentuan “Screws-self drilling-for the building and construction industries” (Australian Standard 3566).    
 SUMBER  : https://www.asdar.id/pengenalan-spesifikasi-teknis-rangka-atap-baja-ringan/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAJA PROFIL

STRUKTUR ATAP